Solok - Kapolres Solok AKBP Muari S.I.K M.M M.H resmikan dan sekaligus serahkan rumah hasil bedah rumah tidak layak huni ( RTLH ) ke Darlisma penerima manfaat di jorong Koto Tingga Nagari Sirukam kecamatan Payung Sekaki kabupaten Solok Selasa (03/09/24)

Dalam kegiatan peresmian tersebut juga dihadiri oleh Kapolres Solok dan jajaran, Ketua Baznas kabupaten Solok Drs. Edward, M.M,  Kapolsek Payung sekaki beserta jajaran,  Camat Payung Sekaki, Walinagari Sirukam, BPN Sirukam.

Kapolres Solok AKBP Muari S.I.K M.M M.H sampaikan bahwa ini bukan hadiah dari saya Kapolres, tetapi zakat dari seluruh anggota Polres Solok yang dikumpulkan di lembaga Zakat Baznas kabupaten Solok dan didistribusikan diwilayah kabupaten Solok.

Selanjutnya Ketua Baznas kabupaten Solok Drs. Edward, M.M menyampaikan bahwa ini merupakan MoU dan kerjasama lembaga Baznas dengan pihak kepolisian ( Polres Solok ). Pihak Polres solok mengumpulkan zakat melalui Unit Pengelola Zakat ( UPZ ) , kemudian diserahkan ke Baznas dan dikembalikan lagi ke penerima berdasarkan usulan dan survey bahwa yang bersangkutan layak dan patut menerima bedah rumah yang tidak layak huni.

Nominal bantuan yang diterima oleh bapak Darlisma adalah senilai Rp. 30 Juta Rupiah, tetapi kalau kita lihat dari bangunan bisa ditaksir bahwa ini mencapai Rp. 55 juta rupiah. Inilah yang dinamakan  swadaya  pemilik rumah dan peran masyarakat untuk bisa bersama berjibaku membantu yang membutuhkan, kata Edward Ketua Baznas kabupaten Solok.

Edward selaku Ketua Baznas Kab. Solok juga menyampaikan bahwa saat ini dikabupaten Solok ada tiga unit bedah rumah yang dikelola kabupaten dan dua buah bedah rumah dari provinsi.

Terakhir, Walinagari Sirukam Romi Febriandi, S.Pd menyampaikan rasa terima kasih tak terhingga kepada semua pihak yang telah membantu untuk bisa terwujudnya bantuan ini. Terutama kepada Bapak Kapolres yang telah sudi menyempatkan waktu untuk meresmikan dan sekaligus menyerahkan unit rumah siap huni kepada  warga kami, ujarnya.

Tàmbahan Walinagari Sirukam menjelaskan bersama Kapolres dan Ketua BAZ, untuk meningkatkan kualitas hunian beliau huni seperti yang beliau idamkan, insya allah kami akan lanjutkan plester pemasangan listrik gratis dari PLN dan perbaikan lantai, ujarnya Romi Febriandi, S.Pd.

Hari ini di lakukan peresmian bantuan 1 unit rumah layak huni oleh Kapolres Solok, AKBP. Muari SH.MH dan kepala BAZNAS Kabupaten Solok Edwar, bantuan ini diberikan kepada keluarga Darlisma, bantuan bersumber dari zakat anggota polri yg bertugas di wilayah hukum Polres Arosuka.

Mewakili masyarakat Romi Febriandi, S.Pd Wali Nagari Sirukam,menyampaikan ucapan terimakasih yg sebesar-besarnya kepada semua pihak, semoga menjadi amal ibadah hendaknya Amin, Menghakhiri katanya. (A.R)
 
Top