Kabupaten Solok - Temu Ramah Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok, Hj. Emiko Epyardi Asda, SP. Dengan Kelompok Perikanan se Kabupaten Solok,  Kamis (13/6/ 2024) di Balai Benih Ikan Sungai Janiah.


Yang menghadiri Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok Hj. Emiko Epyardi Asda, SP, Jajaran Forikan Kabupaten Solok,  Kepala OPD, Camat Gunung Talang, Risawandi  Bahauddin, Walinagari se Kecamatan Gunung Talang,  Kelompok Budidaya Ikan dan Pangan se Kabupaten Solok


Kepala Dinas Perikanan Pangan, Ir. Syoufitri, MM dalam laporannya, Ucapan terimakasih kepada Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok karena telah berkesempatan hadir pada kegiatan ini. Pada hari ini kita mengadakan kegiatan di Balai Benih Ikan Sungai Janiah, sebutnya.


Masih kata dia, adapun tugas dari Balai Benih Ikan ini adalah untuk melaksanakan kegiatan teknis operasional dan kegiatan teknis tertentu pada Dinas Perikanan Pangan Kabupaten Solok di bidang pembibitan ikan.


" Balai Benih Ikan ini juga berfungsi untuk penyediaan, perbanyakan dan pendistribusian calon induk ikan unggul untuk pembibitan rakyat,'' pungkasnya.


Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok juga telah berperan dalam penurunan angka stunting dengan cara menggerakkan Gerakan Gemar Makan Ikan di kalangan masyaraakat. Maka dari itu kami mohon bantuan kepada Ibu Ketua umum Forikan Kabupaten Solok agar Dinas Perikanan dan Pangan dapat lebih berperan lagi dalam pembangunan Kabupaten Solok, ujarnya.


Sementara Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok, mengucapan terimakasih kepada panitia pelaksana karena telah menginisiasi acara temu ramah kita pada hari ini.


Semoga dengan temu ramah ini akan muncul saran dan ide

serta pendapat untuk membangun perikanan dan pangan kita di Kabupaten Solok . Potensi perikanan di Kabupaten Solok ini sangat besar dengan banyaknya danau, sungai serta lubuak larangan / kolam ikan, maka dari itu diminta kepada DPP untuk dapat lebih berperan dalam pembangunan Kabupaten Solok di bidang perikanan dan pangan, paparnya.


"Dinas Perikanan dan Pangan Kabupaten Solok hendaknya dapat bersinergi dengan seluruh OPD atau organisasi lainnya sehingga kita akan lebih bisa membangun Kabupaten Solok ini dari segi Perikanan dan Pangan, '' bebernya.


Mudah – mudahan dengan adanya pertemuan ini, kelompok perikanan dan pangan se Kabupaten Solok dapat lebih maju kedepannya dengan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Solok.


Dialog Bersama kelompok Perikanan dan Pangan


- Kelompok Perikanan Koto Gadang Guguak : bantuan bibit ikan untuk anggota kelompok


- Petugas Embung Nagari Kuncia : Bantuan pembangunan heller di Nagari Kuncia dan bantuan bibit ikan untuk embung di Nagari Kuncia.


- Mengadakan pelatihan kepada kelompok – kelompok perikanan dan pangan di Kabupaten Solok


- Poklahsar Nagari Tikalak : membantu untuk pemasaran olahan ikan pada kegiatan tertentu


- Kelompok Pusamanih Jawi Jawi : bantuan untuk pemasaran produk ke swalayan swalayan yang ada di Kabupaten Solok


- Nagari Koto Gaek Guguak : bantuan untuk budidaya ikan dalam ember


Tanggapan Ketua Umum Forikan Kabupaten Solok, Untuk bantuan bibit ikan kami telah meyediakan bibit ikan atau induk ikan unggul di Balai Benih Ikan ini untuk dibagikan kepada kelompok – kelompok, jadi kepada kelompok yang membutuhkan bibit ikan silahkan hubungi Dinas Perikanan dan pangan Kabupaten Solok, tuturnya.


Dirinya menjelaskan, untuk pembangunan huller Insya Allah dalam waktu dekat Huller itu akan segera kita bangun dan untuk pemasaran produk, kami melalui Dinas Perikanan dan Pangan akan membantu memasarkan produk – produk hasil olahan dari kelompok kelompok dan jika memungkinkan kami juga akan bekerjasama dengan swalayan – swalayan yang ada di kabupaten solok, tutupnya.
 
Top